bintang-berjalan

Kawan, benda apa yang sering kalian amati di langit? Bagaimana dengan bintang? Ya, benda cantik ini memang sangat menawan, banyak manusia mengamatinya, mempelajarinya, mengaguminya, bahkan menjadikannya sebagai petunjuk. Hebat bukan? Begitu banyak bintang di alam semesta ini. Tahukah anda, bahwa sang surya yang selalu menyinari pagi kita itu, ternyata termasuk jenis bintang yang paling dekat dengan bumi kita ini. Waww…

Kawan, pernahkah sanda menghitung bintang dilangit? Tidak semua bintang yang ada dapat manusia lihat dengan mata telanjang, hanya 50 bitang yang paling terang yang dapat kita lihat dari bumi. Apa nama bintang paling terang itu? Bintang yang paling cerah yang dapat kita lihat itu namanya Alpha Centauri, 1.5 kali lebih cemerlang dari matahari lho.

Bahkan, tidak sampai satu juta bintang yang dapat kita lihat. Meski di kegelapan malam yang sangat sempurna sekalipun. Dan faktanya, hanya sampai 2000-2500 bintang saja yang dapat kita lihat. Pernahkah anda mengamati warna bintang? Jika anda pernah melihat bintang yang berwarna merah, jangat takut atau khawatir. Bintang yang berwarna merah itu, merupakan bintang yang paling tidak panas. Justru, bintang biru yang biasa kita lihat, ternyata bintang itu bintang paling panas. Keren kan? Mengenai warna bintang, benda cantik ini memiliki warna yang umum, diurutka bedasarkan suhu. Dari suhu rendah hingga tinggi. Yaitu , merah, oranye, kuning, putih, dan biru. Dan jangan berharap ada bintang warna hijau ya kawan. Karena sekalipun ada yang mengatakan ada bintang warna hijau, menurut ilmu fisika, itu hanya efek dari optic teleskop.

Oh ya, tadi kita sempat menyebut bahwa matahari itu termasuk bintang ,bukan? Ternyata sang surya ini bukanlah bintang biasa lho, tapi merupakan bintang kerdil, dan usianya juga ternyata masih muda. Pasti kalian bingung ya? Jangan bingung! Karena bintang juga memiliki ukuran tersendiri, yaitu kerdil, raksasa, super raksasa. Selanjutnya bintang juga akan mengalami tahapan, meluruh, supernova, lalu bintang mati. Jadi matahari kita itu, merupakan bintang kerdil yang akan terus mengalami perkembangan.

Bintang

Kategori: Umum