kemeja-formal-pria (6)

Memilih sebuah kemeja yang ukurannya pas dengan badan kita memang gampang-gampang sulit. Kemeja yang dijual di pasaran seperti tempat-tempat perbelanjaan. Memang biasanya sudah memiliki ukuran standar tersendiri walaupun terkadang ada juga ada beberapa merk yang memberikan variasi ukuran tertentu.

Ukuran sebuah kemeja biasanya ditentukan dari ukuran leher dan lengan pada sebuah kemeja. Atau ada juga beberapa perusahaan yang menentukan ukuran sebuah kemeja itu dari ukuran pinggang dan juga badan bagian lainnya.

Jika anda masih bingung bagaimana cara untuk menentukan ukuran pada kemeja formal anda. Saya akan memberikan beberapa tipsnya untuk anda.

1.       Ukurlah leher anda

Untuk dapat engukur leher anda pertama-tama siapkanlah alat ukur seperti pita ukur yang biasa digunakan oleh tukang jahit lalu ukurlah leher anda pada bagian yang biasanya menjadi tempat jatuhnya kerah kemeja. Kemudian dari hasil ukur tadi tambahkanlah sekitar 1,5 inch dari hasil ukur tadi. Hal ini dimaksudkan agar kerah leher pada kemeja tidak mencekik anda.

2.       Ukur panjang Lengan Anda

Untuk mengukur panjang lengan, anda tidak bisa mengukurnya sendiri oleh karena itu mintalah bantuan teman anda untuk membantu mengukurnya. Caranya, berdiri tegaklah anda, kemudian letakkan tangan anda dengan rileks di samping tubuh anda.  Lalu ukurlah dari pangkal leher sampai pergelangan tangan anda lalu tambahkan sekitar  1 inch dari hasil ukuran tadi dan bulatkan ke atas jika ukuran tadi terdapat koma.

3.       Ukur pinggang anda

Jika pada kemeja yang anda beli memberikan informasi tentang ukuran lingkar pinggang anda. Maka andapun perlu mengukur lingkar pinggang anda agar sesuai. Untuk mengukurnya ukurlah lingkar pinggang anda dengan pita ukur tadi laluu tambahkan 1,5 inch pada hasil ukur tadi.

4.        Pilih cuttingnya

Ada beberapa jenis cutting pada sebuah kemeja. Jenis Cutting athletic cut mengecil pada bagian pinggangnya dan umumnya cuttingnya itu slim. Sedangkan regular cut biasanya sedikit lebih renggang dari pada jenis cutting athletic cut.

Sebenarnya ada cara yang lebih mudah untuk mengetahui size yang benar dan tepat untuk kemeja formal yaitu datang ke tukang jahit lalu biarkanlah ia melakukan hal tersebut. Memang umumnya kemeja formal itu haru di custom sendiri di tukang jahit. Karena dengan begitu kemeja formal anda dapat disesuaikan dan dicustom sesuai selera dan pas dengan badan anda.

 

Kategori: Umum