Sebagai mahluk yang sempurna manusia diberikan berbagai macam rasa atau emosi baik itu rasa senang, sedih, dan rasa marah. Rasa senang akan terasa atau tergambar sebagai perasaan yang senang, gembira dan bahagia, sedangkan rasa sedih akan menggambarkan rasa murung seakan dunia ikut menangis dan bersedih, dan rasa marah yaitu rasa yang seakan hati ini terasa meledak dan emosi kita tidak bisa terkontrol, jika di biarkan akan berbahaya.

Janganlah anda membiasakan diri memelihara rasa marah karena akan membahayakan diri sendiri dan orang lain dan juga merugikan baik itu untuk pribadi kita ataupun orang di sekeliling kita, biasakan untuk tenang dan jaga emosi agar tidak dikendalikan dengan hawa nafsu yang akan membuat kita sengsara.

Ada beberapa tips dan cara untuk meredam rasa marah yaitu pertama-tama tenangkanlah diri anda ketika anda menemui hal yang akan membuat anda marah, ambil napas dalam-dalam keluarkan melalui mulut, berusahalah untuk membuat badan dan fikiran anda rileks walau hanya sejenak untuk meredakan marah.

Kedua, jangan terburu-buru meluapkan rasa marah semaunya, coba untuk tenang dan ambil langkah kecil dengan menimbang perkara yang membuat kita marah, atur kata sehingga tidak menimbulkan pertengkaran yang lebih besar, coba selesaikan dengan hati yang lebih tenang dan pembicaraan yang lebih halus agar masalah terselesaikan tanpa ada yang merasa tersakiti.

Itulah tips untuk menenangkan hati dan fikiran kita ketika menghadapi rasa marah atau emosi yang meledak, alanhkah baiknya jika kita bersikap tenang dan selalu bersabar dalam menghadapi sebuah permasalahan, karena sabar dan tenag akan membawa kita dalam kedamainan dan terhindar dari berbagai penyakit terutama penyakit darah tinggi yang timbul jika kita selalu menyimpan dan memelihara rasa marah.

 

Kategori: Umum