122011p

Bagi sebagian orang tua, mungkin ada yang mempunyai anak yang susah untuk di suruh makan. Anak kecil memang suka sedikit rewel kalau di suruh untuk makan. Mengapa hal tersebut bisa terjadi? Dan bagaimana cara mengatasi anak yang rewel ketika makan? Ok, jawabannya akan saya bahas pada artikel ini.

Usia dari 1-5 tahun adalah masa yang penuh gejolak bagi anak kita, karena pada usia ini anak kita tumbuh dengan sangat pesat. Perkembangan motorik dan juga pekembangan kognitifnya berlangsung pada usia ini. Oleh karena itu tanpa disadari oleh kita sebenarnya mereka banyak mempelajari berbagai hal dan mempunyai rasa ingin tahu yang sangat tinggi.

Hal tersebut termasuk juga rasa ingin tahu untuk mengeksplorasi sebuah citarasa dari makanan. Sehingga tidak heran jika kita melihat anak kita mudah bosan terhadap suatu makanan dan keinginan makanannya selalu berubah-ubah. Misalkan jika hari ini anak kita ingin makan biskuat lalu kemudian esok harinya ia jadi tidak mood untuk makan biskuit dan ia lebih memilih susu atau ayam goreng dan sebagainya. Perlu anda ketahui juga bahwa Emosi atau mood si kecil juga berpengaruh terhadap selera makanan mereka. Ketika si kecil mengalami rasa bosan, kesepian ataupun merasa berada pada situasi yang tidak nyaman biasanya hal demikian akan membuat selera makan sikecilpun terganggu.

Jika anda mengalami situasi keadaan anak anda seperti itu, maka yang perlu anda lakukan hanyalah mengikuti kemauannya agar ia tidak memusuhi anda dan juga makanannya.

Joanna Blythman seorang ahli makanan memberikan tips kepada anda yang punya anak kecil dengan masalah susah untuk di suruh makan. Berikut tips-tipsnya

1.       Lakukanlah Makan Bersama

Sikecil biasanya sangat pintar dan suka meniru apa yang dilakukan oleh orang yang ia lihat. Ketika anda mempunyai masalah anak yang tidak suka sayur, mungkin anak anda akan berubah pikiran jika ia melihat anda dan keluarga anda memakan sayur dengan enak.

2.       Imaginatif

Ketika anda kecil mungkin masih ingat ketika anda makan disuapin orang tua anda sering kali orang tua anda mengimajinasikan bahwa sendok adalah kapal yang mau mendarat di mulut anda. Biasanya dengan cara begitu ketika anda masih kecil akan mau memakannya kan? Ya, anak kecil memang mempunyai daya imajinasi tinggi yang membuat mereka lebih tertarik terhadap sesuatu. Anda juga bisa melakukan trik imajinatif ini untuk menghadapi makanan yang tidak ia sukai. Misalnya, ia tidak suka dengan jus tomat, lalu imajinasikanlah oleh anda dengan memberi nama jus tomat tersebut dengan sebutan jus barbie dan sebagainya. Dengan begitu mungkin saja ia jadi lebih tertarik dan mau untuk memakannya.

3.       Beri pujian

Hal yang perlu anda perhatikan meskipun anak anda susah di ajak makan atau melakukan hal lain yang membuat anda jengkel. Jangan pernah anda mengatakan hal-hal negatf bahkan memarahi anak anda. Karena dengan begitu justru akan membuat anak semakin tidak suka dan bahkan menjadi murung. Berilah pujian seperti ”duh anak mama pinter banget deh mampu menghabiskan jus tomat sampai habis”

4.       Komentar Positif terhadap makanan

Ketika anda menyajikan makanan untuk anak anda berikanlah komentar positif pada makanan yang akan di berikan. Seperti misalnya “ Nak, coba lihat kue buatan mama harum banget kan,,hmmm pasti rasanya enak banget”.

 

Mungkin itulah beberapa tips yang bisa di berikan kunci agar anak anda mudah untuk di ajak makan ialah hadapilah anak anda dengan sabar dengan menghindari komentar-komentar negatif kepada anak anda, selain itu lakukanlah kombinasi makanan yang tidak membuat anak anda merasa bosan dengan makanan yang disajikan.

Kategori: Umum