mata-sehat-depan-komputer

Tuntutan untuk terus bekerja di dipan komputer secara terus menerus akan mengakibatkan rasa pegal pada punggung, leher dan mata. Terkadang kita merasa pusing jika berada seharian di depan komputer.  Karena tuntutan pekerjaan, kita tidak bisa mengelak untuk berada di depan komputer. Jika hal itu dibiarkan kita bisa-bisa terkena serangan berbagai penyakit. Nah, di bawah ini adalah beberapa tips sehat bekerja di depan komputer:

1. Jagalah jarak komputer dengan mata minimal 100 cm dan gunakan kursi yang nyaman

Jika kita terlalu dekat dengan layar komputer, bisa-bisa kita terkena penyakit mata minus atau rabun. Radiasi cahasa komputer secara langsung tentunya tidak baik untuk kesehatan mata kita. Selain itu gunakanlah kursi yang nyaman selama mengerjakan pekerjaan di depan komputer. Usahakan posisi duduk kita di depan komputer membentuk sudut siku-siku, dan jangan membogkok, karena akan membuat punggung kita pegal.

2. Gunakan  LED dan setting monitor yang sesuai dengan kenyamanan kita

Alangkah lebih baik jika kita menggunakan LED monitor. Selain itu, aturlah pencahayaan monitor karena kecerahan monitor akan mempengaruhi cepat lambatnya mata kita lelah.

3. Periksakan mata secara teratur dan gunakan kacamata anti radiasi

Periksakan kesehatan mata kita secara teratur dan tanyalah dan mintalah saran dokter agar kita dapat bekerja di depan komputer dengan nyaman serta apakah kita perlu menggunakan kacamata anti radiasi atau tidak.

4. Atur sirkulasi udara di dalam ruangan dan gunakan pencahayaan ruangan yang cukup

Kondisi udara/temperatur ruangan yang panas akan membuat mata cepat kering sehingga mata akan cepat lelah. selain itu, gunakan pencahayaan yang cukup, tidak terlalu terang dan tidak teralu gelap.

5. Perhatikan asupan nutrisi terutama untuk kesehatan mata

Banyaklah makan makanan yang mengandung vitamin A yang tinggi. Jika kita terus menerus menggunakan komputer dalam keseharian kita, sebaiknya kita perhatikan juga kesehatan mata kita.

6. Istirahatkan mata minimal 5 menit setiap satu jam

Jika mata lelah efeknya akan terasa pusing dan sakit kepala. Maka dari itu kita harus mengistirahatkan mata agar tidak terlalu capek dan lelah. Jangan diporsir, karena sesuatu yang berlebihan akan berdampak buruk nantinya.

\Semoga tips ini dapat bermanfaat buat kalian yang kesehariannya berada di depan komputer dan selamat mencoba tips nya..

 

Kategori: Umum