Tips Memilih Kepala Daerah Yang berkompeten dan Kredible

0
546

jadi-caleg-politikus-ini-juga-ingin-jadi-kepala-daerah

Hello Sahabat Pembaca Setia galihpamungkas.com! kali ini saya tertarik untuk membuat sebuah artikel mengenai cara memilih seorang kepala daerah Khusunya Bupati tapi tips ini sebenarnya bisa digunakan untuk memilih calon pemimpin lainnya seperti gubernur dan bahkan presiden. Kenapa saya tertarik membuat artikel ini? Ya, karena dalam waktu dekat lebih dari seminggu lagi saya beserta masyarakat Garut, akan memilih seorang Bupati dan Wakil Bupati baru yang akan memegang tampuh kekuasaan di Garut selama 5 tahun.

Dalam memilih seorang pemimpin sebenarnya kita tidak boleh sembarangan memilih, kenapa? Karena seseorang yang kita pilih jika terpilih maka semua kebijakan dan sebagian nasib kita ada ditangan dia. Sejahtera atau tambah sengsara sebagian ada ditangan seseorang yang memimpin daerah kita. Segala kebijakan dan keputusan strategis yang menyangkut nasib rakyat ada ditangan seorang pemimpin.

Kemajuan pendidikan politik di indonesia sebenarnya mengalami perkembangan yang cukup baik. Karena, rakyat tidak lagi mudah di bodohi oleh para politikus busuk. Rakyat sekarang sangat kritis terhadap suatu isu yang berkembang.

Di wilayah garut sendiri, saya pernah melakukan Analisis Sosial bersama teman-teman PKM Senat FISIP UIN Sunan Gunung Djati bandung, terhadap masyarakat baik itu masyarakat bawah sampai masyarakat berpendidikan tinggi yang ada di garut. Ada yang menarik pada Analisis Sosial yang saya lakukan tersebut. Saya, sangat tidak menyangka bahwa masyarakat bawah seperti petani biasa dan bahkan buruh tani sekalipun ketika saya wawancarai mereka sudah melek politik dan sangat kritis terhadap suatu isu yang sedang berkembang di daerah tersebut.

Balik lagi ke topik utama yang akan saya bicarakan yaitu cara melihat kompetensi dan juga kredibilitas seorang pemimpin. Agar kita tidak salah pilih dan menyesal telah memilih di kemudian harinya. Oleh karena itu, ikutilah tips dari saya, tips ini murni dari saya yang hanya Mahasiswa yang masih awam akan politik, jadi mohon maaf jika ada yang tidak setuju dengan tips yang saya berikan.

  1. 1.       Perhatikan Latar Belakang Pendidikan

Latar belakang pendidikan merupakan salah satu cara untuk melihat seseorang yang mencalonkan diri sebagai pemimpin itu berkompeten atau tidak. Karena, seseorang yang memiliki pendidikan tinggi, pola pikir, paradigma, daya nalar, anasisis dan juga sudut pandangnya. Seharusnya, akan berbeda dengan orang yang memiliki pendidikan rendah. Mereka yang berpendidikan tinggi seharusnya akan lebih bijak dan tepat dalam mengambil sebuah keputusan dan memecahkan solusi. Karena, mereka telah di latih dalam pendidikan yang ditempuhnya.

Namun, saya juga tidak menyangkal kalau di indonesia biasanya pejabat yang berpendidikan tinggi atau rendah bahkan yang tidak berpendidikan sekalipun sulit di bedakan karena sebagian dari mereka banyak yang kelakuannya mengambil hak orang lain alias “KORUPSI”, bedanya kalau copet mungkin karena pendidikannya rendah jadi mereka hanya bisa sebatas mencopet saja karena mereka tidak tahu bagaimana memanipulasi sebuah proyek ataupun bagaimana cara untuk memanipulasi suatu proposal. Tapi mereka ‘Maling Berdasi’ karena berpendidikan tinggi jadi mereka mengsalah gunakan kepintaran mereka untuk hal licik dan picik.

Terlepas dari hal tersebut, menurut saya latar belakang pendidikan masih sangat penting untuk dilihat, namun untuk menghindari sesuatu yang tidak di inginkan kita harus melihat aspek yang lainnya pula seperti tips selanjutnya.

  1. 2.       Sikap Dan Perilaku

Yang ini juga tak kalah pentingnya untuk kita perhatikan, namun memang agak sulit untuk melihat hal ini karena kita biasanya baru mengenal calon pemimpin yang akan kita pilih. Namun, anda sebenarnya kita dapat melihat sikap dan perilaku nya dengan melihat cara orang tersebut berkampanye.

  1. 3.       Visi, Misi dan Program Kerja

Ketika calon bupati atau calon pemimpin daerah lainnya berkampanye yang paling mereka kedepankan pasti visi, misi dan program kerja mereka. Karena dengan hal tersebut para calon pemimpin dapat meyakinkan calon pemilih mereka. Nah, ketika mereka mengutarakan hal tersebut kita harus memperhatikannya, apakah visi, misi dan program kerja mereka sesuai dengan keinginan rakyat atau tidak.

4.       Track Record

Yang terpenting dari segala tips yang saya berikan, memperhatikan track record dari seorang pemimpin yang akan kita pilih merupakan bagian terpenting yang harus kita lihat. Karena track record dan catatan prestasi dari seorang calon pemimpin dapat memperlihatkan kompetensi dan kredibilitas mereka untuk menjadi seorang pemimpin, apakah pantas atau tidak. Perhatikan prestasi apa saja yang telah ia peroleh dan perhatikan juga apa yang sudah ia berikan atau kontribusikan untuk rakyat.

 

Artikel ini di cari dengan Kata Kunci:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here