keluarga

Ketika kita sudah berkeluarga dan mempunyai anak. Pengelolaan keuangan untuk kebutuhan rumah tangga menjadi sangat penting sekali, terlebih lagi bagi anda yang mempunyai pendapatan pas-pasan. Jika kita berkeluarga akan banyak sekali pengeluaran yang harus dibayarkan seperti biaya untuk membayar tagihan listrik, internet, biaya sekolah, ongkos anak, belanja kebutuhan dapur dan masih banyak lagi. Jika kita tidak pandai-pandai dalam mengelola keuangan budget kebutuhan rumah tangga bisa saja malah tekor. Tak jarang keluarga yang mempunyai pendapatan pas-pasan untuk keluarganya seringkali memicu perpecahan dalam keluarga terutama antara suami dan istri, karena biasanya istri akan protes karena kebutuhan dan pendapatan tidak berbanding lurus. Padahal, sebagai seorang istri harus pintar-pintar memenej keuangan di dalam rumah tangga.

Nah, untuk para ibu-ibu nih khusus nya yang bertugas untuk mengelola keuangan dari suami. Saya kasih tips bagaimana cara mengelola keuangan keluarga tersebut agar bisa dimaksimalkan.

1.       Selalu Catat Kebutuhan Perbulan

Untuk mengetahui secara pasti berapa biaya kebutuhan rumah tangga anda sebulan. Maka, lakukan lah estimasi pengeluaran kebutuhan rumah tangga per satu bulan. Catatlah seluruh kebutuhan rumah tangga seperti bayaran listrik, telefon, Spp sekolah anak, biaya dapur dan lain sebagainya. Maka dengan begitu kita bisa memperkirakan berapa akumulasi kebutuhan dalam sebulan lalu setelah itu sesuaikan dengan pendapatan apakah melebihi atau malah kurang. Nah, jika pendapatan malah kurang anda jangan protes dulu kepada suami, usahakan anda agar pintar dalam memenej uang tersebut dengan memangkas atau menghemat pengeluaran. Ok, untuk cara memangkas pengeluaran saya akan bahas pada artikel berikutnya.

2.       Sisakanlah Sebagian Uang Yang Di dapat Untuk di tabung

Ketika anda sudah melakukan akumulasi terhadap seluruh pendapatan dan juga pengeluaran perbulan. Maka, usahakanlah agar budget pendapatan disisihkan 30 % untuk cadangan atau keperluan lain di masa depan. Uang tabungan akan sangat bermanfaat untuk kebutuhan-kebutuhan yang tak terduga.

3.       Gunakan Uang dengan Bijak

Jika anda termasuk keluarga dengan pendapatan yang minim atau pas-pasan. Maka usahakanlah untuk mengelola keuangan rumah tangga dengan bijak. Caranya seperti membeli barang atau kebutuhan yang penting-penting saja dan hindari barang-barang yang tidak terlalu dibutuhkan.

4.       Investasikan atau Bisnis kan sebagian pendapatan

Jika kita adalah seorang pekerja atau karyawan perusahaan otomatis waktu kita biasanya akan habis oleh waktu kerja di kantor dan biasanya tidak ada waktu untuk berbisnis sampingan. Nah sebenarnya anda masih bisa mendapatkan uang dengan cara menginvestasikan sebagian uang anda.

Kategori: Umum