dsf

Sikap disiplin adalah modal penting bagi seseorang untuk mendapatkan kesuksesan dalam kehidupan ini. Dengan hidup berdisiplin baik dalam apapun kegiatannya pasti akan terarah dan terorganisir. Disiplin merupakan sebuah proses prilaku untuk berbuat sebaik mungkin, baik itu dalam bekerja, beristirahat, berbicara, bersikap, dan lain sebagainya. Tapi terkadang disiplin itu dapat berkurang karena faktor yang timbul baik dari dirinya sendiri ataupun dari luar. Kali ini saya akan mencoba menjelaskan sedikit tentang  beberapa faktor yang menyebabkan berkurangnya sikap disiplin. Yaitu :

  1. Keuangan atau finansial, faktor ini jelas akan mengurangi sikap disiplin kita apabila kita tidak bisa teguh dan tak punya prinsip, tapi bagi orang yang mempunyai prinsip dan istikomah dalam berdisiplin hal ini bukanlah kendala. Kalau keuangan seseorang dalam keadaan lebih dari cukup atau berlimpah harta, biasanya sering mengabaikan istilah disiplin baik dalam pekerjaanya ataupun dalam kehidupannya sehari-hari karena merasa dia punya uang banyak dan mudah untuk membeli sesuatu dengan uang. Dan adapula seseorang yang kurang sekali pinansial bahkan dikatakan miskin dia tidak berdisiplin karena merasa penghasilannya tidak akan meningkat hanya dengan disiplin. Dan ini sungguh lebih parah dari yang pertama tadi.
  2. Masalah keluarga, apabila seseorang mempunyai masalah dalam keluarganya apalagi diambang perceraian, maka dia tidak akan bisa fokus dalam pekerjaanya apalagi untuk bisa berdisiplin, mungkin hanya ada 1 orang dari 1000 yang kuat dan bisa tetap berdisiplin.
  3. Perbedaan yang prinsipil, baik itu suami dan istri ataupun bawahan dan atasan, sering adu pendapat karena mempunyai perbedaan pemikiran yang mencolok.
  4. Adanya orang ketiga, baik itu dalam pekerjaan ataupun dalam rumah tangga sungguh akan menjadi penganggu kedisiplinan kita jika keberadaanya tidak seperti yang kita harapkan. Misal dalam pekerjaan ada orang baru yang ditugaskan sama dengan kita tapi pimpinan lebih perhatian ke orang baru tersebut.
  5. Komunikasi yang salah, salah komunikasi dengan atasan akan membuat pekerjaan kita jadi sia-sia maka pantas kalau seseorang akan kurang bersikap disiplin.
  6. Perlakuan yang tidak adil, hal ini sangat akan berdampak negatif dalam sebuah perusahaan. Apalagi hal ini dilakukan oleh seorang pimpinan. Maka anak buahnya akan mengalami kekurangan disiplin kerja.

dspln

Itulah beberapa penyebab yang dapat mengurangi sikap disiplin dalam kehidupan kita, semoga ha ini tidak terjadi dalam diri kita. Tetap berdisiplin karena dengan disiplin semuanya akan terorganisir…Good Luck…

Artikel ini di cari dengan Kata Kunci:

Kategori: Umum