Sebagian orang pasti merasakan yang namanya sakit gigi. Hehm,,, serba salah jika sakit gigi itu, nyut-nyutan, makaanpun jadi tidak nikmat. Sakit gigi banyak macamnya, bisa karena sering makan makanan manis seperti coklat dan permen. Atau bisa juga karena karies gigi, rahang yang tidak pas, ada juga yang karena gangguan telinga. Bahkan sakit gigi juga bisa menyebabkan penyakit jantung dan struk. (Amit-amit ya :-/)

Nah, saya punya beberapa bahan makanan yang bisa mengurangi sakit gigi nihh…

  1. Minyak Cengkeh

Cengkeh berbentuk seperti bunga kering dan tanaman ini asli tanaman dari Indonesia, tepatnya di Maluku. Cengkeh juga bisa digunakan sebagai rempah makanan dan bahan pembuatan rokok.

Minyak asiri dari cengkeh ini berupa minyak essential anti mikroba untuk mengurangi sakit gigi, penyegar mulut agar tidak bau nafas, dan bisa juga untuk pasta gigi. Zaman modern seperti sekarang ini, sudah ada minyak cengkeh yang sudah jadi, maka kita tinggal mengoleskan saja mnyak cengkeh secara langsung pada gigi yang sakit.

2. Bawang Putih

Umbi untuk bumbu dasar masakan Indonesia ini, bisa juga digunakan untuk mengurangi sakit gigi. Karena mengandung senyawa sulfur dan alin untuk melawan bakteri penyebab sakit gigi.

Caranya mudah, kita hanya mengunyah 1 siung bawang putih atau kita ulek / haluskan terlebih dahulu (tapi jangan terlalu halus), kemudian simpan secukupnya bawang putih yang sudah halus itu pada gigi yang sakit selama 20 menit, kemudian kumur dengan air bersih dan buang. Bawang putih ini juga bisa untuk terapi struktur tulang gigi lho.

3. Bawang Merah

Si bawang merah ini juga sama posisinya seperti bawang putih, sebagai bahan dasar masakan yang bisa melawan bakteri penyebab sakit gigi. Caranya sama dengan bawang putih pada point sebelumnya.

4. Biji Alpukat

Kita tahu bahwa daging buah alpukat, enak sekali jika dijadikan jus segar atau dimakan langsung juga enak karena rasanya manis dan bagus untuk kesehatan tubuh. Ternyata selain daging buahnya yang bagus untuk kesehatan, daun dan bijinyapun bisa dipakai untuk mengobati sakit. Daun alpukat bisa untuk mengobati kencing batu dan sakit kepala, sedangkan biji alpukat bisa untuk mengobati sakit karena gigi berlubang. Caranya:

  1. Biji segar buah alpukat disangrai terlebih dahulu (menggoreng tanpa minyak)
  2. Tumbuk sangraian biji hingga halus
  3. Masukkan halusan secukupnya pada gigi
  4. Tambal dengan kapas.

Bahan-bahan ini cara mengatasi sakit gigi, jangan lupa andapun harus berkonsultasi dengan dokter gigi dan sering-seringlah menyikat gigi. Minimal 2 kali sehari, yakni bangun tidur dan sebelum tidur dan kalo bisa setelah makan makanan yang manis. Semoga bermanfaat.

Kategori: Umum