merwatlaptop

Bagi banyak orang laptop merupakan alat elektronik yang di gunakan dalam intensitas tinggi. Baik itu untuk di gunakan sebagai alat kerja, hiburan, dan sebagainya. Walaupun sekarang sudah hadir peralatan elektronik atau gadget lain yang punya fungsi hampir menyamai laptop seperti tablet PC atau iPad. Namun, tetap saja kebanyakan orang lebih memilih laptop untuk melakukan berbagai kegiatan penting. Karena, pada beberapa hal ada fungsi laptop yang tidak bisa di gantikan Tablet atau iPad serta kalau untuk menyelesaikan kerjaan orang lebih suka dan nyaman mengerjakannya di laptop, seperti editing foto, nonton video, menulis artikel, novel, komik, dan sebagainya.

Seperti yang telah di jelaskan sebelumnya karena laptop sering digunakan dalam intensitas tinggi, maka dari itu sangatlah perlu melakukan perawatan agar laptop kita tetap awet meski sering digunakan dalam intensitas tinggi. Nah, disini saya akan memberikan beberapa tips perawatan laptop untuk anda.

  • Perlakukan Laptop Anda dengan Hati-Hati

Perlu anda perhatikan bahwa laptop merupakan alat elektronik yang tidak diciptakan setangguh Komputer Desktop.  Oleh, karena itu sangat perlu untuk memperlakukan laptop dengan hati-hati. Kasus yang biasanya terjadi akibat ketidak hati-hatian pengguna ialah layar yang rusak atau pecah, body patah, serta engsel layar yang rusak dan yang paling sering ialah hardisk yang failed. Mungkin kalau hardisk bisa failed diantara anda masih banyak yang belum tahu, oleh karena itu perlu anda ketahui bahwa laptop tidak boleh menerima terlalu banyak guncangan. Hal tersebut bisa merusak hardisk. Agar laptop bertahan lama selalu bawa laptop anda dengan menyimpannya ke dalam tas khusus laptop serta ketika membawanya harus hati-hati agar tidak selalu terguncang. Ketika pemakaian anda juga harus membuka dan menutup layar dengan hati-hati serta berkan cooling pad di bawah laptop agar suhu stabil dan tidak terlalu tinggi.

  • Bersihkan Hardware Laptop Sebisanya

Membersihkan laptop terutama hardwarenya sangatlah sulit,karena komponen-komponen laptop berada pada ruang yang sangat sempit. Untuk membersihkan debu-debu yang masuk kecelah-celah laptop sangat sulit, usahakanlah agar membeli vacum cleaner khusus laptop agar debu yang masuk ke sela-sela laptop bisa di bersihkan. Selain, itu agar layar dan komponen lainnya selalu bersih gunakanlah cairan semprot dan lap pembersih layar agar layar anda selalu bersih.

  • Jaga OS Anda

Ketika kita menggunakan laptop seringkali lama-kelamaan kinerja OS pada laptop kita semakin melambat, hal tersebut bisa saja akibat virus atau bisa juga karena telah banyak sampah file yang menumpuk di laptop kita. Untuk mengatasi hal ini carilah di internet trik-trik untuk mempercepat kinerja windows baik itu windows 7 atau 8. Hal paling cepat dalam meningkatkan kinerja ialah dengan menginstall ulang, namun nantinya anda harus menginstall ulang juga software-software yang terhapus.

  • Jalankan Software Reguler dan Update OS-nya

Perlu anda ketahui bahwa software bisa mempengaruhi hardware, jika beban software yang terdapat dalam laptop anda terasa berat, maka sebenarnya software tersebut tidak cocok untuk laptop anda. Karena keterbatasan kemampuan hardware anda dalam menjalankan software tersebut. Maka, dari itu ketika menggunakan software tertentu sesuaikan pula dengan hardware yang dimiliki seperti menyesuaikannya dengan ram dan sebagainya. OS laptop anda juga harus sering di update supaya kinerja laptop anda menjadi lebih baik, dan lebih cepat.

  • Upgrade Hardware Laptop Anda

Seperti yang telah saya jelaskan sebelumnya bahwa software bisa mempengaruhi hardware. Hardware memiliki keterbatasan dalam menjalankan software-software tertentu, maka tak heran ketika kita memaksakan software dengan hardware yang terbatas suka mengalami lemot. Oleh karena itu, jika terjadi demikian sebaiknya anda mngupgrade hardware anda seperti RAM laptop, karena terbukti dengan mengupgrade RAM. Kinerja laptop menjadi lebih baik, selain RAM anda juga bisa mengupgrade VGA, namun untuk VGA kebanyakan laptop memang tidak bisa di upgrade lagi kecuali laptop yang memang diciptakan untuk gaming.

Kategori: Umum