10 Tradisi Unik di Sumatera Barat

1
15945

Telah diakui dunia bahwa Negara Indonesia merupakan Negara yang kaya akan segala hal, mulai dari adat istiadat, tradisi, budaya, pariwisata,sumber daya alam, dan masih banyak lagi. Banyak diantara kebudayaan Negara indonesia telah diakui UNESCO  mejadi  warisan budaya dunia. Tak heran jika masyarakat Negara Indonesia terus menjunjung tinggi kebudayaan yang telah ada selama ratusan tahun itu. Kebudayaan Indonesia sangat beragam karena terbentuk di daerah yang beragam  pula. Seperti kita ketahui bahwa Negara Indonesia merupakan Negara Kepulauan yang memiliki ribuan pulau, maka dari itu kebudayaan yang ada pun sangat beragam. Salah satu pulau yang memiliki kebudayaan atau tradisi unik adalah pulau sumatera tepatnya di daerah Sumatera Barat.

Banayak sekali tradisi yang terdapat di Sumatera barat diantaranya adalah sebagai berikut.

1. Tradisi Turun Mandi

turun mandi

Tradisi ini adalah sebuah upacara adat yang dilakukan masyarakat Sumatera Barat jika ada seorang bayi lahir. Artinya upacara adat ini bertujuan untuk memberkati bayi yang telah lahir ke dunia.

2. Sunat Rasul

sunat rasul

Adalah sebuah tradisi upacara adat yang dilakukan masyarakat Sumatera Barat jika ada seorang anak laki-laki yang di sunat. Seperti kita ketahui bahwa dalam islam bersunat bagi anak laki-laki adalah hal yang sangat penting untuk membersihkan anak tersebut dari kotoran.

3. Baralek

baralek

Baralek adalah sebuah tradisi upacara adat yang dilakukan dalam uapacara perkawinan

4. Batagak Pangulu

Merupakan tradisi upacara adat yang dilakukan masyarakat Sumatera barat dalam acara pelantikan penghulu. Upacara ini berlangsung selama 7 hari dengan mengundang kerabat dan tetua dari kampung yang lain.

5. Turun Ka Sawah

Tradisi upacara ini adalah sebuah acara yang dilaksanakan jika masyarakat setempat akan mengadakan Gotong Royong untuk menyelsesaikan suatu pekerjaan.

6. Manyabik

Tradisi upacara adat ini merupakan acara yang berlangsung ketika panen raya padi akan berlangsung, dengat kata lain acara ini adalah upacara menuai padi.

7. Hari Rayo

Upacara adat ini dilaksanakan ketika menyambut hari raya besar Islam seperti Idul Fitri dan Idul Adha.

8. Maanta Pabukoan

Ini merupakan sebuah tradisi yang dilakukan ketika bulan Ramadhan tiba yaitu mengantarkan makanan kepada ibu mertua sewaktu bulan ramadhan.

9. Tabuik

Tradisi ini merupakan sebuah perayaan Islam di Pariaman

10. Tanah Ta Sirah dan Mambangkik Batang Tarandam

Tradisi ini merupakan sebuah acara yang digelar untuk melantik seorang Datuk yang baru.

Artikel ini di cari dengan Kata Kunci:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here