Jenis-Jenis Pantai

0
1930

Indonesia merupakan negara kepulauan sehingga sepertiga dari luas wilayah Indonesia adalah lautan, sedangkan pantai di Indonesia sekitar 81 ribu kilometer. Ada empat jenis pantai yang ada di Indonesia yaitu pantai berpasir, pantai berlumpur, pantai berbatu, dan pantai terumbu karang.

Pantai berpasir merupakan pantai yang didominasi oleh hamparan atau daratan pasir, baik berupa pasir hitam, abu-abu, maupun pasir putih. Spesies yang ada din kawasan pantai berpasir ini hanya sedikit jika dibandingkan dengan jenis pantai lainnya. Bahkan, di pantai berpasir tampak seperti tidak ada kehidupan. Binatang di pantai berpasir hidup dengan menggali pasir yang bdigunakannya sebagai tempat berlindung. Beberapa hewan yang hidup di daerah berpasir yaitu cacing, moluska bercangkang ganda, kerang, kepiting, dan burung pantai. Masalah di pantai ini adalah tanah di kawasan pantai didominasi oleh pasir, kandungan lepung, debu, dan zat hara sangat minim, kecepatan angin di pantai berpasir sangat tinggi, adanya udara panas yang dibawa oleh angin laut, suhu di pantai berpasir tidak baik untuk tanaman.

PANTI BRPASIR

Pantai berlumpur merupakan salah satu jenis pantai yang ada di Indonesia. pantai ini terbentuk oleh proses sedimentasi atau pengendapan lumpur dari sungai yang mengalir ke pantai. Daerah pantai berlumpur merupakan habitat berbagai jenis tanaman mangrove yang tersusun oleh zonasi avicennia sp, rizophora sp, bruquiera Sp, dan jenis nipah.

PANTAI BRLMPUR

Pantai berbatu merupakan salah satu jenis pantai yang memiliki berbagai macam bentuk batu dan pecahnya. Kehidupan dipantai berbatu sangat ramai, berbagai macam binatang hidup disana. Beberapa hewan yang hidup dipantai berbatu diantaranya kepiting, binatang laut, keong, mussel, dan berbagai macam binatang lainnya. Adapun berbagai macam tumbuhan dapat hidup di pantai berbatu seperti rumput laut, dan berbagai macam tumbuhan alga.

PANTAI BRBTU

Pantai terumbu karang adalah salah satu jenis pantai yang banyak terdapat di daerah tropik. Pantai jenis ini, trutama banyak terdapat di sekeliling pulau vulkanik, yang gunung-gunung berapinya telah mati. Terumbu karang merupakan gunung kalsium karbonat. Gunung tersebut terdiri dari karang, pasir karang, dan batu kapur padat. Pada terumbu karang tersebut hidup berbagai jenis ikan, hewan invertebrata, tanaman dan mikroorganisme.

PANTAI TERUM

Apapun jenis pantainya, pasti memiliki keindahan yang luat biasa dan menjadi dayatarik setiap wisatawan untuk datang dan menikmati keindahannya.

Artikel ini di cari dengan Kata Kunci:

BAGIKAN
Berita sebelumyaBURUNG
Berita berikutnyaKerusakan Ekosistem Terumbu Karang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here