4 Letusan Gunung Api Terdahsyat di Indonesia Yang Menggoncangkan Dunia

0
607

krakatau2

Ternyata letusan gunung api terdahsyat dari gunung-gunung api di Indonesia merupakan letusan gunung api yang dahsyat di dunia karena banyaknya korban jiwa yang menjadi korban letusannya. Berikut letusan gunung api terdahsyat dari Indonesia yang menggeparkan dunia.

  1. GUNUNG KRAKATAU

krakatau1

Gunung Krakatau atu sering dikenal oleh dunia sebagai Krakatoa merupakan sebuah pulau vulkanis yang sangat berbahaya yang terletak di selat Sunda Indonesia. tepatnya pada bulan Agustus tahun 1883 sebuah ledakan dahsyat yang mengerikan yang suaranya memiliki kekuatan 13.000 kali dari ledakan bom Hirosima terdengar dari selat Sunda yaitu dari Gunung Krakatau. Bahkan saking kerasnyan ledakannya terdengar sampai ke benua Australia.

Muntahannya lebih dari 21 Km kubik batu dan debu yang membumbung tinggi hingga setinggi 70 mil. Dan memakan korban jiwa lebih dari 37.000 orang. Akan tetapi, dengan tsunami yang ditimbulkannya akibat getarannya, korban sepertinya bisa lebih besar.

2. GUNUNG TAMBORA

tambora1 Tambora2

Gunung tambora merupakan gunung api yang masih aktif dari sekitar 130 gunung api yang ada di Indonesia. Gunung yang besar dan mempunyai ketinggian 4.300 Mdpl ini telah sering meletus bulan April hingga Juni tahun 1815 dan mampu mengguncangkan dunia karena mampu mengubah stratosfir yang akibatnya menyebabkan kelaparan yang buruk hingga ke benua Amerika dan Eropa sekitar abad ke 19.

Saking hebatnya letusan gunung Tambora ini, hingga mengakibatkan batu menjadi merah dan berpijar menghujani angkasa. Semua makhluk hidup pada pulau dimana gunung tersebut binasa karena lahar dan gas beracun. Dan lebih dari 71.000 orang tewas karena terbakar, kelaparan dan keracunan.

3. GUNUNG KELUD

kelud1

Gunung Kelud ini terletak di Pulau Jawa, Indonesia. Pada tahun 1919 lumpur lahar telah membunuh lebih dari 5.000 warga. Sejak saat itu, Terowongan Ampera, suatu sistem pengeringan yang berguna untuk menampung banjir lahar dari kawah telah dibangun. Oktober 2007, sekitar 30.000 penduduk lokal harus diungsikan setelah gunung api dalam kondisi Siaga .Selama dua minggu Gunung Kelud memuntahkan debu yang jauhnya hingga 8 mil. Dan pada bulan Februari kemarin, Gunung ini kembali meletus dan memuntahkan debu hingga sampai ke Kabupaten Garut, Jawa Barat.

4. GUNUNG PAPANDAYAN

papandayan1 papandayan2

Gunung Papandayan ini merupakan gunung api semi – aktif yang terletak di Kabupaten Garut Jawa Barat, Indonesia. Pada 1772, gunung Papandayan ini telah meletus dan menghancurkan 40 desa yang berada di dekatnya. Dan menewaskan Lebih dari 3.000 orang. Gunung api ini masih sangat berbahaya dan terus mengeluarkan asap dan letusan – letusan di tahun 1923, 1942, dan terus meningkatkan kekuatannya sampai tahun 2002.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here