Semakin berkembangnya dunia tekhnologi sekarang ini berdampak besar bagi kemajuan kehidupan manusia. Akan tetapi berdampak negatif juga bagi lapangan pekerjaan. Dengan semakin majunya teknologi, kebanyakan perusahaan memakai tenaga mesin yang canggih ketimbang tenaga manusia yang bukan hanya mengeluarkan biaya untuk menggaji tapi juga kecepatan tenaga manusia ketimbang lebih lama daripada mesin. Karena ha itu, perusahaan lebih memilih untuk mengurangi tenaga kerja manusia dan memilih memperbanyak mesin. Sehingga pengangguran merajalela dan sulit untuk mencari pekerjaan lain yang cocok dan sesuai kemampuan. Begitu pun dengan lulusan sekolah yang setiap tahunnya berjumlah besar tapi lapangan pekerjaan semakin sedikit.

Dengan alasan itulah, manusia sekarang ini dituntut untuk lebih kreatif dengan bukan mencari pekerjaan melainkan menciptakan lapangan pekerjaan. Berbisnis adalah sebuah solusi yang paling tepat untuk saat ini. Dengan berbisnis, kita akan berusaha sebaik mungkin menciptakan sesuatu yang menarik. Bisnis kaos merupakan contoh bisnis yang lagi trend sekarang ini. Berbisnis kaos termasuk bisnis yang menjanjikan karena saat ini anak muda pada khususnya lebih suka memakai kaos terutama yang memiliki tema yang unik. Selain dipakai untuk waktu santai dan pengerjaannya mudah, kaos juga merupakan pakaian yang lebih simple dan banyak disukai banyak orang. Akan tetapi bukan berarti bisa langsung terjun bisnis begitu saja. Kita mesti memahami serta mengetahui jalur bisnis kita. ada beberapa faktor yang perlu kita lakukan untuk memulai berbisnis.

  1. Terlebih dahulu kita harus menentukan konsep bisnis yang akan kita pakai. Apakah kita akan memproduksi produk sendiri ataukah kita akan menjadi reseller atau lebih dikenal sebagai agen. Jika kita memilih untuk memproduksi kaos sendiri, maka kita mesti menyiapkan peralatan dengan lengkap terlebih dahulu. seperti mesin jahit, alat sablon, printer, dan bahan bakunya. Selain itu, kita juga harus menyiapkan tenaga ahli untuk mengerjakannya. Berbeda halnya jika kita hanya menjadi reseller atau agen. Kita hanya menjual saja tanpa harus memproduksi. Lebih ringan memang, tapi kita mesti memiliki chanel produksi kaos yang dapat dipercaya dan juga memiliki kualitas yang baik. Jangan sampai konsumen kita kecewa terhadap kualitas kaos yang kita jual. Secara harga, jelas memproduksi sendiri jauh lebih murah ketimbang order dari orang lain.
  2. Tentukan tema yang menarik. Karena konsumen kebanyakan memilih sesuatu yang berbeda, maka kita harus menciptakan tema yang unik dalam kaos kita. Beberapa tema seperti sport, tekhnologi, budaya, seni dan lainnya dapat anda pakai. Dengan begitu, produk yang anda pasarkan memiliki karakter khas. Itulah yang akan membuat anda dikenal pembeli.
  3. Tentukan jalur penjualan yang tepat. Disini kita dapat memilih apakah mau memasarkan lewat jalur offline atau online atau juga keduanya. Jika kita memilih jalur offline sudah jelas kita mesti memiliki modal yang lumayan besar ketimbang hanya online saja. Tenaga pamasaran, brosur, atau juga masuk ke beberapa toko dan distro dan ada juga yang memasarkan kepada komunitas tertentu menjadi resiko offline. Baegitu pun dengan area pasar yang terbatas. Akan tetapi kita akan lebih dikenal orang jika kita memilih jalur ini. untuk jalur online, kita hanya membutuhkan website ter-SEO dengan sejumlah biaya yang kita keluarkan. Setelah itu, kita hanya menunggu pesanan. Yang harus kita lakukan adalah memperbanyak stok barang. Jangkauan pasar online tak terbatas. Semua orang di dunia bisa melihatnya dan tak terbatas waktu karena selama 24 jam sehari dan 365 hari pertahun orang bisa melihatnya. Dan jika ingin lebih besar lagi, maka jalur keduanya harus kita tempuh.

Itulah konsep bisnis pakaian yang bisa kita jadikan acauan dalam membuat bisnis sendiri. Masih banyak bisnis yang lainnya yang dapat kita kerjakan tergantung dari seberapa kreatifnya kita menciptakan sebuah peluang dan memanfaatkannya.