4 Cara Menghemat Energi yang Perlu Anda Lakukan

0
64
cara menghemat energi

Memghemat energi merupakan salah satu cara yang bisa dilakukan untuk bisa menyelamatkan bumi kita. Selain itu dengan menghemat energi kita juga bisa menghemat pengeluaran untuk pemakaian listrik misalnya. Namun meski banyak manfaatnya, menghemat energi tidak selalu mudah untuk dilakukan. Nah agar kita bisa memulai untuk menghemat energi, yuk coba 4 cara menghemat energi berikut ini.

Matikan lampu jika tidak diperlukan

Adakalanya ruangan di rumah anda tidak selalu harus diterangi dengan lampu. Misalnya kamar tidur. Atau bisa jadi kamar mandi dan dapur anda. Nah hal ini bisa jadi salah satu cara menghemat energi yang bisa anda lakukan. Gunakan lampu hanya ketika dibutuhkan, misalnya di ruang tamu dan ruang kerja anda. Sementara untuk kamar, toilet dan dapur, nyalakan lampu hanya ketika diperlukan.

Gunakan neon atau lampu LED

Lampu pijar lebih banyak menggunakan energi. Namun energi yanh diperoleh sebagian besar diubah menjadi panas bukan cahaya. Lampu jenis ini tentu sangat tidak efektif. Karenanya pertimbangkan untuk menggantinya dengan lampu neon atau bahkan lampu LED yang lebih hemat energi. Dengan beralih ke lampu neon atau lampu LED, anda sudah menerapkan salah satu cara menghemat energi.

Matikan AC

Sama halnya dengan penggunaan lampu, sesekali anda juga perlu mematikan AC. Gantilah dengan kipas angin atau manfaatkan jendela di rumah anda. Buka jendela di siang hari agar ruangan tetap terasa sejuk meski AC dalam keadaan nonaktif.

Mencuci dengan tangan

Penggunaan mesin cuci ternyata juga bisa diminimalkan dengan tujuan menghemat energi. Apalagi jika detergen yang anda gunakan adalah Rinso. Dengan Rinso anda tetap bisa mencuci lebih bersih meski tanpa bantuan mesin cuci. Dampaknya anda tak perlu mengeluarkan dana lebih untuk pemakaian listrik. Cukup seru, bukan?

Nah itulah tadi keempat cara untuk menghemat energi yang bisa anda praktikkan. Semoga dengan semakin banyaknya orang yang sadar untuk ikut menghemat energi, bumi kita bisa menjadi tempat yang lebih nyaman untuk kita tinggali.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here