Cara Ajarkan Belajar Berhitung

0
71
belajar berhitung
belajar berhitung

Anak merupakan aset berharga yang dititipkan tuhan kepada kita sebagai orang tua. Anak menjadi tumpuan harapan orang tua, artinya tak ada orang tua yang mengharapkan anaknya jadi orang gagal. Karena setiap orang tua menginginkan anaknya menjadi pribadi yang sukses dan memiliki kemampuan yang tinggi. Salah satu kemampuan dasar anak yang harus dimiliki anak ialah kemampuan berhitung. Untuk mencapai kemampuan berhitung yang maksimal maka,  sebagai orang tua kita harus membiasakan anak merasa tertarik untuk belajar berhitung. Berikut ini cara mudah ajarkan berhitung pada anak yang masih berusia balita.

belajar berhitung
belajar berhitung

Hal yang penting bagi anda untuk memperhatikan trik dan tips mengajarkan anak balita untuk belajar berhitung. Cara tersebut bisa dimulai dengan mengajarkan anak untuk mengenal angka-angka dari 1 sampai 10. Anda bisa mengenalkannya lewat gambar, atau hitungan jumlah benda sekelilingnya. Misalkan meletakan buah atau mainan dalam jumlah tertentu. Hal tersebut dapat membantu anak mengingat lebih baik hitungan. Hal tersebut juga akan membuat anak lebih tertarik untuk belajar berhitung dengan giat lagi. Selain itu, anda juga dapat mulai mengajarkan berhitung mundur dari yang terbesar ke kecil. Hal tersebut bisa melatih kemampuan berpikir anak balita, supaya tak sekedar hafal angka saja akan tetapi mampu mengerti hitungan angka-angka itu.

Selain hal-hal diatas, setelah anda mengajarkan hitungan satu, dua, tiga, dan seterusnya kepada anak balita, anda juga dapat mengajarkan anak belajar berhitung dengan cara anda mengajarkan anak untuk membagikan satu benda untuk satu orang atau satu benda ke dalam satu lubang. Hal tersebut bisa dengan menerapkan permainan seperti congkak atau permainan sejenis lainnya.

Hal tersebut akan sangat efektif karena bisa membuat anak anda mulai mengenal konsep pengurangan, penambahan, sekaligus pembagian dalam konsep yang lebih sederhana lagi. Melakukan hal-hal diatas dapat membantu mempermudah mengajarkan kemampuan berhitung kepada anak anda. dengan cara yang lebih mudah dan menyenangkan itu, kemampuan berhitung dan kemampuan berpikir anak akan menjadi lebih terlatih lagi, dan hal tersebut cukup penting sebagai bekal bagi orang tua.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here