Media internasional menghadirkan beragam informasi yang begitu penting bagi kita sebagai pembaca, yang berguna untuk referensi dan juga penambah wawasan, salah satu contoh kecilnya adalah berita politik hari ini yaitu berita yang di lansir dari laman matapolitik.com mengenai para aktivis pro-Palestina telah ditekan dan banyak universitas telah berhasil membungkam aktivisme tersebut dengan memecat para profesor pro-Palestina (seperti Steven Salaita dan Norman Finkelstein) dan membatalkan konferensi tentang negara asal Razan Najjar itu.

Sebaliknya, di Irlandia, hingga konferensi Maret 2017 di University College Cork dimana universitas memberlakukan pembatasan yang ketat bagi para penyelenggara konferensi, konferensi tentang Palestina telah dilaksanakan dengan dukungan dari universitas dan serikat dosen universitas (Teachers’ Union of Ireland and Irish Federation of University Teachers).

Orang Irlandia jelas memahami implikasi dari pemukim kolonialisme dan orang Palestina menghargai dukungan orang-orang Irlandia.

Makalah ini secara singkat memetakan sejarah hubungan antara Irlandia dan masalah Palestina. Saya kemudian menggunakan konferensi September 2017, Freedom of speech and Higher Education: The case of the academic boycott of Israel—”Kebebasan berbicara dan Pendidikan Tinggi: Kasus boikot Akademik Israel” yang diadakan di Trinity College Dublin untuk menyoroti sejauh mana gangguan Zionis dan dukungan universitas secara bersamaan. LSM Irlandia dan pemerintahnya sering mengutuk Israel karena perlakuannya terhadap Palestina. Irlandia memiliki pandangan yang jelas tentang kedua negara di Timur Tengah itu dan tidak takut untuk menyuarakan nya, dan menjadi salah satu kritikus paling sengit bagi Israel.

Laman di atas dikutip melalui laman asing yang kemudian di terjemahkan ke dalam bahasa Indonesia oleh laman mata politik.com. Kini terdapat media perintis yang disajikan secara online dan digital yaitu mata politik.com, mata politik menyadari bahwa kebutuhan akan akses dan informasi internet sekarang ini sudah menjadi suatu kebutuhan yang tak terpisahkan dari keseharian masyarakat. Oleh karena itu, mata politik menghadirkan wawasan intelek seputar politik dan ekonomi di berbagai belahan dunia termasuk berita politik hari ini, mata politik selalu berusaha meningkatkan kualitas sajian berita

Kategori: Umum