Memiliki dapur impian layaknya dapur para chef yang sering ada di TV pastinya menjadi keinginan setiap orang, terlebih lagi bagi yang hobinya masak tentu menjadi suatu kewajiban. Fungsi dapur sendiri tidak hanya sekedar tempat memasak atau meletakan peralatan dapur. Sekarang ini dapur juga memiliki nilai seni sendiri sesuai dengan apa yang akan dimasak dan peralatannya.

Akan tetapi untuk mewujudkan dapur impian tentunya tidak mudah terlebih lagi memiliki masalah ruangan dapurnya yang sempit diperlukan tips tertentu untuk bisa mewujudkannya. Bagi anda yang menginginkan kenyamanan dalam memasak namun terhalang dengan dapurnya yang sempit berikut ini tips nyaman memasak di dapur sempit yang bisa dicoba.

tips nyaman memasak di dapur sempit
tips nyaman memasak di dapur sempit
  1. Memilih furniture yang sesuai. Langkah pertama yang dapat dilakukan sebagai tips membuat nyaman anda memasak di dapur dengan memilih furnitur dapur yang sesuai dengan kebutuhan. Anda dapat memilih mulai dari kursi dan meja makan yang terbuat dari bahan ramping atau ringan. Tips ini meminimalisir dapur yang terkesan sempit karena banyaknya barang, selanjutnya pada untuk perabotannya bisa dipilih dengan perabot dapur dengan bahan stainless steel. Perabot atau kitchen set bahan ini memiliki keunggulan yang tahan lama, bersifat netral, dan pastinya lebih cocok untuk dapur sempit. 
  2. Penempatan dan prioritas peralatan dapur. Selanjutnya yang dapat dilakukan sebagai tips nyaman memasak di dapur sempit dapat dilakukan dengan cara mengatur penempatan peralatan dapur. Misalnya pada penggunaan peralatan dari yang sering digunakan sampai sesekali atau jarang digunakan. Berbagai peralatan dapur mulai dari garpu, sendok, piring, spatula, gelas, dan yang lainnya bisa disimpan pada satu set atau disimpan pada tempat yang memang mudah dijangkau. Kemudian anda juga bisa menyusun peralatan lainnya semisal pisau pada satu set pisau, disini dapat dilakukan penyusunan sesuai dengan fungsinya misalkan pisau untuk memotong daging, bumbu, sayur, dan yang lainnya. Penyimpanannya dapat dilakukan seperti pisau yang disimpan di meja counter atau bisa juga disimpan di knife shelves.
  3. Coba gunakan rak terbuka. Tips lainnya untuk menjadikan ruangan dapur nyaman bisa dengan menggunakan rak dinding yang terbuka untuk menyimpan berbagai peralatan dapur. Adanya rak terbuka di dapur juga memberikan kesan lain yang menciptakan kondisi dapur terasa lebih luas. Selain itu juga memberikan keindahan tersendiri untuk dapur menjadi lebih cantik dan peralatannya menjadi tertata rapi.
  4. Coba tata kondisi dapur. Kondisi dapur sempit tentunya membuat aktivitas memasak menjadi terbatas, sehingga untuk menyiasatinya anda dapat melakukan dekorasi dapur huruf L. Desain dapur seperti ini bisa memberikan kemudahan mobilitas di dalam sehingga saat memasak bisa digunakan lebih dari satu orang. Desain dapur seperti ini bisa memberikan fleksibilitas memasak sekaligus membuat kegiatan memasak menjadi menyenangkan dan membuat anda bisa banyak berinteraksi. Untuk lebih membuat nyaman anda dapat menempatkan kitchen island pada bagian tengah sehingga suasana di dapur menjadi sesuai dengan yang diinginkan.
  5. Kondisi cahaya di dapur. Dapur yang nyaman juga bisa terwujud dengan memperhatikan bagaimana kondisi cahaya. Desain menarik yang diterapkan harus pula diperhatikan bagaimana dengan penempatan cahaya ruangan. Untuk cara ini dapat dilakukan dengan cara mudah semisal memasang lampu gantung dengan watt yang cukup terang di langit-langit dapur. Selain sebagai pencahayaan cara seperti ini juga membuat pekerjaan memasak lebih mudah karena bisa terlihat jelas.

Berbagai inspirasi dan tips nyaman memasak di dapur sempit lainnya dalam menjadikan dapur lebih cantik dan nyaman dapat mengunjungi masterumah.id yang menyediakan berbagai informasi menarik untuk berbagai bangunan, arsitektur, dekorasi, rumah, sampai dengan memilih desain interior terbaik untuk keindahan rumah anda.

Kategori: Umum