Pengertian, Jenis dan Bentuk Badan Usaha

1
40300

BUMN Logo

Badan Usaha Merupakan kesatuan ekonomi dan yuridis yang memiliki tujuan untuk mendapatkan keuntungan dan atau memberikan pelayanan bagi masyarakat. Badan usaha secara awam mungkin dapat di artikan sebagai bentuk naungan hukum bagi pelaku kegiatan usaha agar usahanya di sahkan dan diberi ijin pemerintah sehingga usahanya memiliki payung hukum, mungkin bagi anda yang lebih tahu bisa mengoreksi saya di kolom komentar. Bagi anda yang masih awam dan belum benar-benar mengerti Badan Usaha itu seperti apa, mungkin dengan penjelasan jenis danbentuk badan usaha anda bisa paham dengan sendirinya, coba anda simak penjelasan jenis dan bentuk badan usaha.

  • Jenis Badan Usaha

1.       Badan Usaha Agraris

Badan Usaha Agraris yaitu badan usaha yang di dalam kegiatan usahanya menjalankan budidaya hewan dan tumbuhan. Misalnya pertanian, perkebunan dan perikanan.

2.       Badan Usaha Perdagangan

Badan Usaha Perdagangan ialah badan usaha yang dalam kegiatan usahanya melakukan pembelian barang untuk di jual kembali guna memperoleh suatu keuntungan.

3.       Badan Usaha Industri

Badan Usaha Industri merupakan bentuk badan usaha yang dalam kegiatannya melakukan pengolahan barang mentah menjadi barang setengah jadi atau barang jadi.

4.       Badan Usaha Ekstraktif

Badan Usaha Ekstraktif merupakan badan usaha yang dalam kegiatan usahanya mengeksplorasi apa yang sudah di sediakan langsung oleh alam. Misalnya pertambangan, pembuatan garam dan penebangan kayu.

5.       Badan Usaha Jasa

Badan Usaha Jasa merupakan badan usaha yang dalam kegiatan usahanya bergerak dalam bidang jasa,atau memberikan suatu pelayanan kepada masyarakat. Misalnya : jasa angkutan dan jasa telekomunikasi.

  • Bentuk Badan Usaha
    • Badan Usaha Berdasarkan Kepemilikan Modal
  1. Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Misalnya : PT. Pertamina, PT. Telkom, PTPN dan sebagainya.
  2. Badan Usaha Milik Swasta (BUMS) Misalnya Badan Usaha Perorangan, CV, firma, PT dan Koperasi.
  3. Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Misalnya Bank Jabar Banten (BJB),Bank Pembangunan Daerah Sulawesi Tenggara dan sebagainya.
  4. Badan Usaha Campuran, yaitu badan usaha yang kepemilikan modalnya nya antara pemerintah dan swasta. Contohnya, badan usaha yang mengelola PT Pembangunan Jaya, sebagian modalnya dimiliki pemerintah dan sebagian dimiliki swasta.
  • Badan Usaha Berdasarkan Hukum

1.       Badan Usaha Perseorangan

Badan Usaha Perseorangan ialah suatu bentuk badan usaha yang kepemilikan modalnya dimiliki oleh perseorangan serta di didirikan juga oleh orang yang bersangkutan secara mandiri.

2.       Firma

Firma ialah salah satu bentuk badan usaha yang didirikan oleh 2 orang atau lebih yang dalam penggunaan nama perusahaannya menggunakan nama bersama.

3.       Persekutuan Komanditer (CV)

CV ialah salah satu bentuk usaha yang didirikan berdasarkan komanditer atau kepercayaan.

4.       Persekutuan Terbatas (PT)

PT ialah bentuk badan usaha yang kepemilikan modalnya berbentuk atas saham yang terbagi-bagi. Tanggung jawab pemilik saham, tergantung jumlah saham yang di miliki.

5.       Yayasan

Yayasan ialah bentuk badan usaha yang dilakukan dengan kerjasama dari orang-orang yang berkerja dalam bidang sosial, kemanusiaan serta keagamaan dengan tujuan untuk memberikan bantuan kepada sesama manusia guna meningkatkan kualitas hidup.

6.       Badan Usaha Swasta Asing

Badan Usaha Swasta Asing merupakan bentuk badan usaha dimana kepemilikannya oleh asing namun beroperasi di Indonesia, dan badan usaha ini harus mengikuti ketentuan dan regulasi pemerintah Indonesia.

Artikel ini di cari dengan Kata Kunci:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here