Faktor Eksternal Pertumbuhan Dan Perkembangan Makhluk Hidup

0
356

FAKTOR EKSE

Pertumbuhan dan perkembangan makhluk hidup dipengaruhi oleh factor internal (dari dalam tubuh) dan factor eksternal (dari luar tubuh). Factor internal terdiri dari gen dan hormone. Sedangkan faktor eksternal terdiri dari makanan, suhu, cahaya, air dan kelembaban dan tanah. Pada artikel kali ini, kita akan membahas tentang factor eksternal yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembanagn makhluk hidup.

1. Makanan atau nutrisi

Makanan yang kita makan sehari-hari akan dicerna oleh lambung dan nutrisinya akan dialirkan bersama darah dan atau diserap oleh tubuh. Pada masa pertumbuhan dan perkembangan, tubuh harus mendapatkan gizi yang cukup dari makanan. Gizi yang diperlukan oleh tubuh yaitu karbohidrat, protein, kalsium, mineral dan lemak. Pada zaman seperti sekarang ini, sudah banyak makanan enak yang kurang bergizi, seperti makanan fast food atau junk food. Makanan seperti ini berdampak tidak baik bagi kesehatan terutama untuk perkembangan dan pertumbuhan makhluk hidup. supaya perkembangan dan pertumbuhan dapat berfungsi baik sebaiknya makanlah makanan yang sehat dan menyehatkan.

2. Suhu

Suhu yang dibutuhkan oleh makhluk hidup berbeda-beda sesuai dengan kebutuhan. Misalnya tanaman yang biasa tumbuh di tempat yang sejuk tidak akan berkembang dan tumbuh dengan baik jika ditanam di lingkungan yang suhunya panas.

3. Cahaya

Cahaya sangat diperlukan makhluk hidup. Tumbuhan memerukan cahaya matahari untuk fotosintesis dan manusia memerlukan cahaya matahari untuk mengubah pro vitamin D yang ada di dalam tubuh menjadi vitamin D.

FAKTOR EKS

4. Air dan kelembaban

Air juga sangat diperlukan oleh makhluk hidup. Tanpa air, makhluk hidup tidak akan hidup secara normal bahkan akan mengakibatkan terganggunya kesehatan dan bahkan kematian. Sedangkan kelembaban berfungsi untuk mempertahankan bentuk sel. Selain itu, kelembaban sangat berguna bagi kelangsungan makhluk hidup seperti tumbuhan. Karena keadaan yang lembab dapat mempengaruhi pada pemanjangan sel.

5. Tanah

Tanah sangat berpengaruh untuk tumbuhan. Tanah yang memiliki unsur hara dan nutrisi yang baik akan menjadikan tumbuhan yang ditanam di tanah tersebut menjadi tumbuh dan berkembang secara baik dan normal, sehingga akan menghasilkan tumbuhan yang sangat berkualitas.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here