Faktor Internal Pertumbuhan Dan Perkembangan Pada Makhluk Hidup

0
390

FAKTOR EKSE

Dalam setiap kehidupan yang dijalani, makhluk hidup mengalami pertumbuhan dan perkembangan. Pertumbuhan dan perkembangan merupakan dua hal yang berkaitan erat satu sama lain. Pertumbuhan merupakan proses pertambahan ukuran yang tidak dapat kembali ke asal, sedangkan perkembangan adalah proses menuju tercapainya suatu kedewasaan. Pertumbuhan dan perkembangan dipengaruhi oleh faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal adalah faktor gen dan keadaan hormonal. Dan faktor eksternal terdiri dari makanan, suhu, cahaya, air, tanah. Yang akan dipelajari disini hanya pada faktor internalnya saja. Faktor internal adalah faktor yang berasal dari dalam tubuh makhluk hidup. Faktor internal terdiri dari gen dan keadaan hormonal.

FAKTOR INTERNAL

1. Gen

Gen adalah pembawa keturunan dari induk. Gen dapat menentukan kemampuan metabolisme makhluk hidup. seorang pria yang bersifat banyak bicara dan seorang perempuan yang pendiam ketika menikah melahirkan anak laki-laki yang pendiam. Hal tersebut mungkin karena gen yang diturunkan kepada sang anak berasal dari sang ayah.

2. Keadaan hormonal

Hormon berpengaruh pada pengaturan proses dalam tubuh. Hormon yang dapat mempengaruhi perkembangan dan pertumbuhan makluk hidup terdiri dari bermacam-macam jenis.

a. Hormon pada tumbuhan

Zat pengatur tubuh dalam tumbuhan dinamakan dengan fitohormon. Diantaranya adalah auksin yang berfungsi merangsang pembentukan bunga, membentuk sel-sel yang baru. Sitokinin berfungsi sebagai memacu pembelahan sel dan mempercepat pertumbuhan akar dan tunas. Giberelin berfungsi untuk pembelahan dan pembesaran sel juga dapat mempercepat pembentukan bunga. Asam absisat berfungsi sebagai zat yang membuat daun gugur.

b. Hormon pada hewan

Hormon pada hewan terdiri dari tiroksin yang fungsinya sebagai pengendali pertumbuhan hewan, somatomedin dapat mempengaruhi pertumbuhan tulang dan ekdison dan juvenile yang memiliki peran dalam perkembangan fase larva dan fase dewasa.

c. Hormon pada manusia

Hormon yang ada pada manusia adalah hormon tiroksin yang dihasilkan oleh kelenjar gondok yang berperan dalam pertumbuhan, perkembangan dan metabolisme dalam tubuh, hormon pertumbuhan yang dihasilkan oleh hipofisis bagian depan yang berpengaruh pada kecepatan pertumbuhan, hormon testosteron yang mengatur perkembangan organ reproduksi pada pria, dan hormon estrogen atau progesteron yang mengatur perkembangan organ reproduksi pada wanita.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here