HEWAN PANTAI

0
4134

PANTI BRPASIR

Pantai adalah sebuah tempat di pinggir laut, setiap lautan pasti memiliki pantai. Pantai merupkan dartan berpasir, berbatu, berlumpur, atau berkarang. Setiap pantai yang ada banyak dimanfaatkan oleh manusia untuk dijadikan objek wisata. Banyak objek wisata pantai yang sangat indah dan menjadi favorit para wisatawan. Selain tempat wisata , pantai juga banyak dihuni oleh hewan-hewan pantai.  Hewan-hewan ini banyak memanfaatkan pantai sebagai tempat tinggal, mencari makan, atau bahkan berkembang biak. Pantai adalah tempat terbaik yang digunakan hewan pantai untuk melangsungkan kehidupannya. Salah satunya adalah kepiting pantai yang sering hidup di pantai untuk mencari makan, ataupun berkembang biak. Tetunya masih banyak lagi hewan-hewan yang menghuni ataupun memanfaatkan pantai dalam menjalankan segala aktifitasnya.

Hewan yang sering memanfaatkan pantai untuk berkembang biak adalah penyu. Penyu merupakan kura-kura laut yang memiliki sepasang tungkai depan berupa kaki pendayung untuk mengontrol gerakan dan kecepatan pada saat berenang. Ada beberpa jenis penyu laut, diantaranya penyu hijau, penyu sisik, penyu lekang, penyu belimbing, penyu pipih, dan penyu tempayan. Dari jenis penyu tersebut, penyu belimbing merupakan penyu terbesar dan dilindungi.

PENYU

Penyu menghabiskan waktunya di dalam laut, namun pada saat berkembang biak, penyu betina pergi ke pantai untuk bertelur pada malam hari dengan cara menggali lubang sebagai tempat bertelur.

Selain penyu, ada hewan lain yang menempati pantai yang indah. Hewan tersebut adalah penguin. Penguin adalah burung laut yang masuk pada keluarga aves. Karena posisi kakinya yang pendek, penguin biasanya berdiri tegak dan berjalan pelan di atas tanah. Untuk berjalan lebih cepat, penguin melakukan tobongan atau meluncur.

PENGUIN

Walaupun pelan di darat, namun ketika di dalam air, pengin dapat berenang dengan cepat. Penguin banyak hidup di kutub utara, dialut lepas, dan dipesisir pantai. Penguin yang hidup di pantai kebanyakan hanya untuk berburu ikan, cumi-cumi, atau udang kecil.

Kawasan pesisir pantai merupakan rumah bagi jutaan organisme. Kebanyakan hewan pesisir pantai menyebar di daerah yang terendam air dan tersinari oleh cahaya matahari. Pada umumnya, pantai berbatu didominasi oleh hewan yang berkulit  keras dan hewan-hewan kecil yang lincah.

KEPITING

Kepiting merupakan binatang bercangkang yang memiliki lima pasang kaki dan sepasang kaki depan yang berfungsi sebagai capit. Mereka hidup dibalik karang di tepi pantai, dalam air tawar, atau di tanah yang basah. Berbagai jenis burung juga melengkapi ekosistem pantai, diantaranya burung air migran. Burung air migran merupakan salah satu jenis burung air yang melakukan migrasi dari satu pulau ke pulau lain. Burung ini sangat bergantung pada lahan basah seperti air rawa payau atau pesisir pantai.

Artikel ini di cari dengan Kata Kunci:

BAGIKAN
Berita sebelumyamenghadapi stress
Berita berikutnyaJALAK BALI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here