Bidang bisnis di media internet yang keberadaanya terlihat semakin ngetrend adalah bisnis online syariah. Jenis bisnis ini secara garis besar sama saja akan tetapi bisnis ini lebih mengutamakan akad hasil keuntungan yang halal. Apapun proses maupun kegiatan yang dilakukan dalam bisnis berbasiskan syariah ini harus benar-benar sesuai dengan aturan bisnis yang diajarkan oleh agama dimana tidak boleh ada satu pihak pun yang dirugikan. Sistem dan kerjasama bisnis yang terjalin sesuai dengan syariat agama tersebut membuat pelaku usaha berbasiskan syariah tersebut dapat terhindar dari penerimaan uang riba.

Memang masih terdapat beberapa kalangan pemuka agama yang meragukan kehalalan dari keuntungan yang didapatkan dari bisnis online ini. Hal tersebut kemungkinan besar disebabkan dari ketakutan mereka akan bisnis online ini yang banyak dijadikan lapak penipuan dimana keuntungan yang didapat adalah hasil mengambil usaha dan kerja keras orang lain. Padahal tidak sedikit bidang bisnis online yang memang sangat memerlukan skill individu dalam memperoleh keuntungan yang diharapkan dari sebuah bisnis online. Nah, bisnis online seperti itulah bisnis online yang dapat dan harus diambil untuk ditekuni agar dapat terhindar dari sesuatu yang harus dihindari dan dilarang oleh ketentuan syariah.

Point pentingnya dari bisnis online syariah ini adalah konsep bisnis online yang saling menguntungkan satu sama lain baik untuk si pemilik bisnis tersebut maupun bagi pihak lain yang menjadi mitra, rekanan, dan klien bisnis online tersebut. Tidak boleh ada pihak yang terugikan dan dirugikan dalam proses bisnis berbasiskan syariah ini, semuanya harus dijalankan dengan transparan, jujur, terbuka, adil dan memperhatikan keuntungan bersama.

Baca juga artikel lainnya tentang Mengetahui Sekilas Tentang Bisnis Online Syariah