4 Jenis Penyakit Tulang Belakang Berdasarkan Penyebabnya

0
544
Skoliosis
Skoliosis

Tahukah Anda tentang penyakit skoliosis? Penyakit yang menyerang tulang belakang manusia ini biasanya rentan diderita oleh anak-anak atau remaja yang masih berada di awal pubertas, meski tidak menutup kemungkinan orang dewasa pun bisa terkena. Begitu terkena penyakit ini, maka bentuk dari tulang belakang seseorang akan berubah, dengan posisi yang membentuk ke samping. Tergantung kondisinya, kelainan tersebut bisa ringan hingga berat.

Jenis-jenis dari kelainan tulang belakang ini sendiri ada beberapa, tergantung dari penyebabnya. Sejauh ini, ada 4 macam jenis dari penyakit tulang belakang ini, yaitu:

  • Kongenital

Merupakan kelainan yang terjadi sejak lahir, yang sayangnya belum diketahui penyebabnya secara pasti.

  • Idiopatik

Kasus seperti ini biasanya banyak terjadi pada wanita, penyebabnya sendiri disinyalir berasal dari genetik.

  • Neuromuskular

Terjadi karena kelainan di otot dan saraf di tulang belakang, atau gangguan yang muncul saat pembentukannya. Biasa terjadi pada penderita cerebral palsy.

  • Degeneratif

Terjadi karena banyak faktor luar yang menyebabkan tulang belakang berubah bentuknya, seperti karena posisi tubuh yang salah, aktivitas yang berlebih, dan juga karena umur.

Penyakit skoliosis ini perlu dideteksi dini jika Anda ingin menanganinya sebelum terlambat, ketika bentuk tulang punggung semakin berubah. Caranya bisa dengan melakukan operasi, terutama ketika posisi tulang sudah sangat miring, atau dengan cara terapi chiropractic atau manipulasi tulang belakang. Di Indonesia, klinik yang menyediakan terapi semacam ini salah satunya adalah Chiroindo, yang ada di Permata Senayan, Jakarta.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here