HIDUP DENGAN KELUARGA HARMONIS DAN RUKUN DENGAN TETANGGA KITA – Manusia adalah makhluk sosial. Artinya, manusia tidak akan pernah bisa hidup sendiri. Manusia akan membutuhkan orang lain untuk menyempurnakan hidupnya. Seseorang membutuhkan pasangan untuk menikah dan memiliki keturunan, kita akan butuh orang lain untuk memenuhi kebutuhan hidup, seperti berbelanja, bekerja, dan memeriksakan diri ke dokter disaat sakit. Tentu semua itu tidak mungkin dihadapu sendiri. Harus ada orang lain yang menjadi rekan kerja, yang menjadi pedagang, juga yang menjadi dokter. Terlepas dari itu semua, dalam lingkungan tempat tinggal pun kita tidak akan hidup sendiri. Ada orang lain, rumah yang lain yang berdiri di samping, depan, dan belakang rumah kita. Itulah yang disebut sebagai tetangga.

HIDUP DENGAN KELUARGA HARMONIS DAN RUKUN DENGAN TETANGGA KITA

Menjalin keluarga harmonis adalah sebuah kewajiban sebagai salah satu cara untuk memperoleh kebahagiaan. Namun, menjalin kehidupan harmonis bersama tetangga pun adalah sebuah kewajiban untuk menciptakan kehidupan sosial yang rukun dan harmonis. Lalu bagaimanakah harusnya kita memperlakukan tetangga kita?

Baca juga : Alasan Mengapa Menjadi Wanita Lebih Mahal

  1. Memperlakukan tetangga dengan baik.

Secara tidak langsung, tetangga kita adalah teman hidup kita. Ketika kita membutuhkan pertolongan, maka tetangga bisa menjadi orang pertama yang datang membantu kita sebelum keluarga kita yang lain datang. Oleh karena itu, tetangga pun adalah bagian dari keluarga kita dan kita penting menciptakan keluarga harmonis dengan tetangga kita. Berbuat baik dengan cara bersikap ramah, berlaku sopan, atau menyapa dengan hangat adalah salah satu cara kita untuk memperlakukan tetangga dengan baik.

  1. Menghargai kehidupan tetangga kita

Setiap keluarga pasti memiliki kehidupan berbeda – beda dengan pekerjaan yang berbeda dan kehidupan yang berbeda. Tidak semua keluarga atau tetangga kita memiliki keadaan finansial yang berkecukupan, tidak semua keluarga atau tetangga memiliki apa yang kita miliki dan sebaliknya. Oleh karena itu, menghargai kehidupan tetangga adalah sebuah keharusan agar tidak terjadi kecemburuan sosial.

  1. Memberikan perhatian disaat tetangga membutuhkan pertolongan

Ketika salah seorang tetangga kita sedang mendapat musibah, maka tugas kita adalah memberikan pertolongan sesuai dengan kemampuan kita. Jika kita tidak mampu menolong dengan materi, maka sikap empati pun sudah lebih dari cukup

  1. Toleransi terhadap perbedaan

Salah satu bentuk perbedaan yang mungkin terjadi adalah perbedaan agama. Maka, bersikaplah toleran terhadap pilihan masing – masing

  1. Tidak menyakiti hati atau fisik tetangga

Menyakiti hati atau fisik orang lain dapat berdampak buruk bagi kita. Perpecahan akan terjadi dan kita dapat dijauhi tetangga kita.