Membantu mengetahui cara mengajukan KPR rumah di Bank Tabungan Negara maka ada baiknya mencari informasi dari manapun. Saat ini keinginan untuk memiliki rumah semakin mudah, tidak harus menyediakan uang dalam jumlah sesuai harga. Namun bisa hanya menyediakan uang muka untuk kemudian sisanya bisa dilunasi dengan cara kredit. Ada pula banyak lembaga pembiayaan yang bisa dipilih untuk membantu proses kredit tersebut, salah satunya adalah bank BTN.

Sama halnya dengan bank lainnya, ada cara mengajukan KPR rumah di BTN tersendiri yang perlu dipahami. Informasi mengenai syarat dan lain sebagainya bisa diperoleh dengan datang langsung ke bank terdekat atau via internet. Adapun hal-hal yang dapat membantu proses kredit KPR disetujui adalah:

  1. Jumlah uang muka yang aman

Semakin besar nilai uang muka KPR yang disediakan maka kemungkinan untuk mendapatkan persetujuan semakin besar. Setidaknya untuk menjaga di jarak aman sistem KPR bisa menyediakan uang muka sekitar 20% dari harga rumah impian tersebut.

  1. Memiliki gaji bulanan yang cukup

Bank BTN juga akan melihat bagaimana kondisi keuangan Anda, dilihat dari besarnya pendapatan dan nilai tanggungan rutin. Tanggungan ini bisa dilihat dari kondisi rumah apakah menyewa atau milik sendiri, jumlah anggota keluarga, usia Anda, dan lain sebagainya. Nilai gaji yang aman dan mudah mendapatkan ijin KPR dari bank BTN ialah setidaknya ada sisa 30% dari total gaji. Bank akan merasa aman memberikan pinjaman jika kondisi keuangan nasabahnya memungkinkan untuk melakukan pengembalian tepat waktu.

  1. Sejarah kredit yang baik

Pihak bank BTN juga akan melihat apakah nama Anda masih memiliki tanggungan kredit di bank lain ataukah tidak. Jikalau masih ada tanggungan maka besar kemungkinan aplikasi ditolak meski bisa pula diterima jika melihat besaran gaji bulanan. Kemudian bagaimana riwayat kredit di bank lain tersebut, jika sering telat atau tersendat maka kemungkinan ditolak akan sangat besar. Penting sekali ketika melakukan kredit apapun di bank manapun menjaga kepercayaan bank. Sehingga mengaplikasikan cara mengajukan KPR rumah di Bank Tabungan Negara akan menjadi lebih mudah ke depannya.

Kategori: Umum